Translate

Monday, June 2, 2014

PKM Kewirausahaan

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
PERMEN “JELITA” (Permen  jelly isi coklat aneka rasa) Trendsetter Anti Galau

BIDANG KEGIATAN :
PKM KEWIRAUSAHAAN (PKM-K)

Unsoed.jpg

Diusulkan oleh:
1.      Sofia Latifah                           (E1A012094/2012)
2.      Hanifah Najmah Taufiq          (E1A012084/2012)
3.      Juniati Wahyu                         (E1A013252/2013)
4.      Utari Dea Siska                       (E1A013253/2013)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS HUKUM
PURWOKERTO
2014


HALAMAN PENGESAHAN
USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1.      Judul Kegiatan                                                : PERMEN JELITA (Permen Jelly isi Coklat Aneka Rasa)
2.      Bidang Kegiatan                                                         :  (  ) PKM-P    (  ) PKM-M     ( ) PKM-KC                                                                              ( ) PKM-K   (  ) PKM-T
3.      Ketua Pelaksana Kegiatan
a.       Nama Lengkap                                       : Sofia Latifah
b.      NIM                                                       : E1A012094
c.       Jurusan                                                   : Ilmu Hukum / 2012
d.      Universitas                                             : Universitas Jenderal Soedirman
e.       Alamat Rumah dan No Telp./HP           : Jalan Pringgodani dalam 1 RT 03 RW 11
No.10 , Kelurahan Krobokan, Semarang Barat/ 085741512563
f.       Alamat email                                          : sofialatifah@gmail.com
g.      Anggota Pelaksana Kegiatan                 : 3 Orang

4.      Dosen Pendamping    
a.        Nama Lengkap                                   : Hj.Krisnhoe Kartika W, S.H.,M.Hum.
b.      NIP                                                     : 19591031 198703 2 001
5.      Biaya Kegiatan Total                                      : Rp. 9.000.000,-
6.      Jangka Waktu Pelaksanaan                             : 8 bulan 

Purwokerto,  6 Mei 2014




Menyetujui;

Dosen Pembimbing,                                                                Ketua Pelaksana,


Hj.Krisnhoe Kartika W, S.H.,M.Hum.                                    Sofia Latifah
NIP. 19591031 198703 2 001                                                  NIM. E1A012094

Pembantu Dekan III


Edi Waluyo, S.H.,M.H.
NIP. 19581222 198810 1 001





A. JUDUL PROGRAM
Permen “JELITA” ( Permen Jelly isi Coklat Aneka Rasa) Trendsetter Anti Galau.

B. LATAR BELAKANG MASALAH
            Semua orang tentunya sekarang tidak lepas dari yang namanya jajanan. Jajanan sudah menjadi makanan ringan sehari-hari dan telah menjadi budaya masyarakat. Jajanan sekarang, kebanyakan masih belum memenuhi kriteria gizi yang baik. Seperti yang telah di lakkukan uji kandungan makanan oleh Fakultas Kimia UNSOED bahwa makanan seperti cilok, cimol dan bakso bakar mengandung zat berbahaya yaitu formalin sebesar 27,3%, rhodamin 10.9% dan boraks sebanyak 51,7%.[1]
Ada macam-macam bahan yang dapat diolah sebagai jajanan, antara lain yang berasal dari hewan dan nabati. Sebagian besar jajanan diolah dari bahan hewani, padahal sebagian bahan dari hewani mengandung kolestrol (cilok dan mendoan), sehingga berpengaruh buruk bagi kesehatan. Pengolahan jajanan sebagian besar menggunakan minyak goreng/digoreng, sehingga menambah resiko kolestrol tinggi.
Tidak demikian dengan bahan nabati, bahan yang berasal dari nabati hampir tidak ada yang mengandung kolestrol sehingga aman dikonsumsi oleh tubuh. Banyak sekali contoh jajanan yang berbahan baku nabati. Jelly isi Coklat juga termasuk dalam jajanan yang berasal dari nabati. Coklat memiliki kandungan gizi yang baik, tapi jika pengolahannya tidak sesuai maka kandungan gizi dalam coklat akan berkurang. Kebanyakan sekarang, pemanfaatan coklat diolah menjadi makanan yang tidak sehat dalam artian adanya penambahan bahan-bahan yang membahayakan,  sehingga kandungan coklat akan berkurang.Padahal coklat merupakan jajanann favorit dikalangan remaja,, tetapi penyajiannya kurang inovatif.
            Masyarakat yang mengonsumsi jajanan dipasaran dapat dikatakan tidak stabil, hal tersebut dikarenakan belum banyaknya inovasi jajanan baru yang sehat, sehingga masyarakat terasa bosan dan beralih ke makanan berat. Hal inilah yang akan membuat peluang pasar jajanan-jajanan sehat yang berinovasi baru terbuka lebar. Salah satu cara yang dapat mengalihkan perhatian masyarakat adalah membuat jajanan yang memiliki kandungan gizi tinggi, tetapi harganya dapat dijangkau masyarakat dengan pengolahan dan pengemasan yang sehat.
            Komposisi jajanan yang akan disajikan adalah jelly yang diisi dengan coklat yang akan dikemas dalam bentuk permen. Cara pengolahan coklat dilelehkan (seperti pembuatan coklat pada umumnya) kemudian coklat cair tersebut akan menjadi isi dari Jelly dan cara pengolahan jelly pada umumnya yaitu jelly yang kenyal (seperti yupi) dan ditambah taburan bubuk gula murni agar cita rasa dan aroma terjaga dan bebas kolestrol dengan kemasan yang ramah lingkungan. Kandungan gizi dan khasiat jelly memiliki kadar protein yang tinggi dengan kandungan serat yang baik untuk pencernaan.
Tabel 1. Kandungan Nutrisi Pada Jelly
Informasi Gizi
per 15g (15 g)
Energi
167 kj
40 kkal
Lemak
1 g
Protein
5 g
Karbohidrat
3 g
Serat
1 g
Gula
1 g



Tabel  2. Kandungan Nutrisi Pada Coklat
Energi
381 Kal
Protein
9 g
Lemak 
35,9 g
Kalsium
200 mg
Fosfor
200 mg
Vit A
30 SI

Berdasarkan fakta tersebut jajanan inovasi “JELITA” diolah menjadi permen yang bebas kolestrol dapat menjadi solusi untuk memenuhi keinginan masyarakat untuk cemilan ringan yang inovatif serta membuka peluang menjadi pendamping favorit bagi masyarakat, karena masih minimnya produk.
C. PERUMUSAN MASALAH
Permasalahan yang menjadi latar belakang proposal ini adalah :
1.      Minimnya inovasi jajanan bagi masyarakat
2.      Coklat yang memiliki kandungan yang baik belum dimanfaatkan secara penuh sebagai jajanan yang inovatif.
3.      Minimnya coklat yang dikreasikan sehingga bentuk jajanan hanya berbentuk seperti yang diketahui masyarakat pada umumnya saja.
4.      Konsep penyajian produk yang kreatif dan ramah lingkungan sehingga meningkatkan selera konsumen.



D. TUJUAN PROGRAM
Program ini bertujuan:
1.         Menumbuhkan jiwa bisnis sehingga memiliki keberanian untuk memulai dan mengembangkan usaha.
2.         Menambah keragaman pangan yang sehat dan inovatif dengan harga terjangkau bagi masyarakat.
3.         Meningkatkan keterampilan (softskill) berwirausaha.
4.         Mengembangkan usaha-usaha kecil yang berpendidikan.

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN      
Produk yang dihasilkan adalah permen jelly isi coklat yang inovatif. Permen Jelly isi coklat ini dapat di sajikan dengan beberapa variasi bentuk, rasa dan isi. Selain itu harga pun terjangkau bagi masyarakat. Permen Jelly isi coklat aneka rasa ini diharapkan nantinya dapat dijalankan oleh mahasiswa dan memiliki keuntungan bisnis yang menjanjikan.

F. MANFAAT
Kegiatan ini memiliki manfaat yang baik diantaranya :
1. Kegiatan ini dapat mengasah keterampilan berwirausaha mahasiswa.
2. Dapat memberikan peluang-peluang kecil bagi masyarakat untuk berwirausaha.
3. Dapat meningkatkan sosialisasi dengan masyarakat luas
4. Dapat meningkatkan uang bagi mahasiswa.
5. Dapat meningkatkan konsumi bagi masyarakat akan jelly coklat aneka rasa.
6. Dapat mengenal sebuah produk jajanan kecil yaitu PERMEN “JELITA” jelly isi coklat aneka rasa.


G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Rencana usaha ini awalnya memiliki tujuan yang baik untuk masa depan kami. Tujuannya selain ingin mendapat keuntungan dan tambahan uang saku, usaha ini diharapkan dapat meringankan beban orang tua kita sehingga tidak perlu membiayai uang saku, lalu ingin memberikan inovasi untuk jajanan yang lebih inovatif dan tentunya sehat.
1. Product (Produk)
Produk ini merupakan kreativitas dari pengolahan jelly isi coklat yang dikemas dalam bentuk permen . Keunggulan yang dimiliki produk ini adalah memberikan karya inovatif yang kepada masyarakat sebagai cemilan santai untuk sehari-hari serta lebih mudah didapat dan lebih murah. PERMEN “JELITA” memiliki beberapa variasi rasa dan bentuk dalam satu kemasan, yaitu:
a. Permen “JELITA” strawbery cinta
 Jelly isi coklat ini dilapisi dengan rasa strawbery yang berbentuk love.
b. Permen “JELITA” anggur oval
  Jelly isi coklat ini berbentuk oval dengan rasa anggur.
c. Permen “JELITA” apel seafood
  Jelly isi coklat ini berbentuk binatang laut dengan rasa apel.
d. Permen “JELITA”  original satwa
  Jelly isi coklat yang berbentuk binatang yang lucu.
e. Permen “JELITA” lychee kebun
Jelly isi coklat ini berbentuk sayuran dengan rasa lychee.
f. Permen “JELITA” cincau star
Jelly isi coklat ini berbentuk bintang dengan rasa cincau.



2. Price (Harga)
 Jelly coklat ini dijual dengan harga Rp. 2.000/ kemasan . Penentuan harga Rp 2.000 dengan pertimbangan bahwa sasaran utama produk satu jelly adalah mahasiswa dan masyarakat kalangan menengah ke bawah, sehingga harga jual yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar proses penjualan. Harga tersebut juga ditentukan berdasarkan perhitungan dengan biaya produksi  jelly coklat, sehingga telah diperhitungkan besarnya nilai keuntungan yang akan diperoleh.
3. Place (Tempat/Lokasi Produksi)
Tempat produksi jelly coklat ini dapat di perjualkan kantin-kantin, toko-toko kecil atau promosi orang per orangan dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut strategis karena masih dalam tahap Promotion (Promosi).
4.      Distribution (Pemasaran)
 Secara umum, dalam memasarkan produk yang baru, maka sektor promosi merupakan hal yang sangat penting untuk kami perhatikan. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk kami yaitu: 
a. Penyebaran Informasi secara langsung
           Penyebaran informasi secara langsung dilakukan oleh kelompok PKM Permen “JELITA” dengan cara promosi dari mulut ke mulut. Cara promosi ini dikatakan sangat praktis karena dapat disampaikan kepada teman-teman . Dengan begitu, diharapkan dapat memberi kejelasan produk yang lebih efektif dan setelah itu, diharapkan konsumen akan dapat menyebarkan keunggulan produk kami kepada lebih banyak orang.
b. Pemberian Informasi secara tidak langsung           
           Pemberian informasi secara tidak langsung dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan, diantaranya penyebaran brosur dan leaflet, penempelan poster produk Permen “JELITA” akan menggambarkan keunggulan produk kami dalam media promosi tersebut yang secara otomatis juga akan menyertakan nomor telepon untuk memudahkan konsumen yang akan meminta pesanan.
c. Melalui sarana teknologi dan informasi
          Semakin berkembangnya teknologi, fasilitas internet semakin mudah didapatkan.  Jadi sudah hal yang lumrah jika memanfaatkan internet sebagia media promosi. Promosi dapat dilakukan melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Selain itu promosi juga dapat dilakukan melalui blog.
5.      People (Orang)
      Permen  JELITA menggunakan tenaga manusia dan mesin untuk membuat dan memasarkan produknya. Permen JELITA dibuat dan dipasarkan oleh 4  orang yang semuanya merupakan anggota dari pembuatan PKM Kewirausahaan ini. Konsumen sebagai pembeli berinteraksi dengan pembuat dan pemasar  JELITA sehingga menciptakan kondisi jual beli.
6.      Physical Evidence (Bukti Fisik)
        JELITA dalam pemasarannya memiliki beberapa ciri-ciri. Ciri tersebut adalah perbedaan dalam bentuk, rasa dalam satu kemasan  dan sistem pengemasan yang menggunakan bungkus plastik yang sudah didesain dan diikat mika berwarna untuk mempercantik kemasan .Plastik mika dan diberi pita berwarna agar dan menarik konsumen dan mempercantik dari bentuk permen jelly isi coklat aneka rasa ini.
7.      Process (Proses)
Proses pembuatan Permen JELITA dilakukan secara manual dan teknis menggunakan mesin. Penggunaan plastik mika untuk kemasan dipilih karena plastik mika merupakan bahan yang ekonomis dan dapat dikatakan menarik bagi konsumen. Penggunaan plastik mika juga berdasarkan alasan bahwa plastik mika merupakan kemasan ramah lingkungan. Kemudian setelah di bungkus plastik mika yang telah didesain  lalu diikat dengan pita cantik berwarna-warni  sehingga lebih memperindah kemasan.
H. METODE PELAKSANAAN PROGAM        
1. Pra Produksi
a.       Tahap Perencanaan
·         Hal pertama yang dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu survey pasar yang dilakukan sebagai langkah awal dalam memulai sebuah usaha. Tujuan dilakukannya survei  adalah untuk mengetahui kondisi pasar, minat konsumen, dan perencanaan inovasi lebih lanjut.
·         Hal kedua yang perlu dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu melakukan studi kelayakan terhadap usaha yang akan dijalankan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan ini memiliki prospek yang menguntungkan dan memiliki prospek jangka panjang.
b.      Tahap Persiapan
·         Persiapan yang perlu dilakukan adalah meliputi persiapan dalam pemilihan tempat serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses produksi.
c.       Tahap Pengadaan Produk
·         Pembuatan sampel barang diperlukan sebagai langkah awal untuk mengetahui kualitas suatu produk sebelum nantinya dipasarkan dalam jumlah besar. Dalam pembuatan tester, hal yang perlu dilaksanakan untuk mengetahui cita rasa produk, pengemasan produk, takaran produk per sajian serta penampilan produk. Sampel yang telah dibuat kemudian dibuat sebagai acuan untuk mengenali selera masyarakat dan dapat dijadikan sebagai tolok ukur produk yang bagaimana yang sesuai dengan selera masyarakat.
2. Produksi
a.       Tahap pelaksanaan kegiatan
·         Proses produksi merupakan kegiatan inti dari aktivitas wirausaha, kegiatan produksi memiliki beberapa tahapan, tahapan tersebut meliputi persiapan bahan baku, kegiatan pengolahan  dan pembuatan produk, pengemasan, dan juga pemasaran kepada konsumen.
·         Promosi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Hal ini dilakukan dengan membuat broser yang di design  dengan sedemikian rupa dan berisi informasi tentang gambaran produk, penawaran barang dan harga,  cara pemesanan, diskon yang diberikan kepada pelanggan serta mengenai lokasi penjualan produk. Sasaran brosur  ini adalah tempat-tempat umum yang potensial untuk dikunjungi banyak orang, seperti pasar, kampus, sekolah-sekolah, lembaga pendidikan, dan pada tempat-tempat strategis misalnya di daerah perempatan atau pertigaan jalan raya yang sering dilalui oleh banyak orang.

3.      Pasca Produksi         
a.       Tahap pelaporan
·         Tahapan akhir yang dilakukan adalah kegiatan pelaporan yang berada pada tahap pasca produksi. Tahap pelaporan berisikan laporan data kegiatan mulai dari tahap pasca produksi dan tahap produksi dengan durasi waktu tertentu. Tahap pelaporan ditujukan untuk mengetahui rangkaian kegiatan usaha dan keuntungan yang didapat, sehingga diperoleh data yang akurat sebagai bahan evaluasi.

4.      Manajemen Produksi
Penanggung Jawab                             : Sofia Latifah
Bidang Promosi dan Desain               : Hanifah Najmah Taufiq
Bidang Produksi                                 : Juniati Wahyu
Bidang Penjualan                                : Utari Dea Siska

I. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan  PKM ini direncanakan berlangsung 3 bulan. Rencana program ini tertera pada tabel dibawah ini :
Tabel 4. Rencana Jadwal Pelaksanaan Program
No
Kegiatan
Bulan I
Bulan II
Bulan III
Bulan IV

1.
Pembelian alat

















2.
Pembelian bahan

















3.
Riset pasar

















4.
Pembuatan kemasan

















5.
Produksi, pemasaran, evaluasi dan konsultasi

















6.
Promosi
















7.
Pembuatan brosur
















8.
Pembuatan laporan

















9.
Penyerahan laporan


















J. BIAYA
1. Biaya tetap (fix cost)
Alat
Harga
Jumlah
Satuan
Total harga
Pemakaian
Penyusutan
Mesin pembuat Jelly
Rp.400.000,-
1
buah
Rp.400.000,-
35
Rp.11.428,-
Plastik Mika
Rp. 15.000,-
5
lusin
Rp. 75.000,-
30
Rp.2.500,-
Pita kain
Rp. 5.000,-
6
buah
Rp. 30.000,-
30
Rp.1.000,-
Serbet
Rp. 4.000,-
5
buah
Rp. 20.000,-
30
Rp.667,-
Poci
Rp. 50.000,- 
2
buah
Rp.100.000,-
30
Rp.3.333,-
Centong
Rp. 15.000,-
2
buah
Rp. 30.000,-
30
Rp.1.000,-
Toples
Rp. 15.000,-
6
buah
Rp. 30.000,-
45
Rp.666,-
Panci
Rp. 35.000,-
2
buah
Rp. 70.000,-
35
Rp.2.000,-
Piring lonjong
Rp. 20.000,-
3
buah
Rp. 60.000,-
35
Rp.1.714,-

2. Biaya variabel (per bulan)
Alat
Harga
Jumlah
Satuan
Total Harga
Coklat Putih
Rp.40.000,-
60
kg
Rp.2.400.000,-
Coklat
Rp.35.000,-
60
kg
Rp.2.100.000,-
Nutrijell
Rp. 5.000,-
30
buah
Rp. 1.500.000,-
Gula Pasir
Rp.15.000,-
30
kg
Rp. 450.000,-
Bubuk Gula Halus
Rp.5.000,-
15
kg
Rp. 750.000,-
Soda kue
Rp.3.000,-
10
buah
Rp. 30.000,-
Pengenyal Jelly
Rp.5.000,-
10
buah
Rp. 50.000,-
Transportasi(Bensin)
Rp.100.000,-
4
-
Rp. 400.000,-
Sewa kamera
Rp. 15.000,-
30
hari
Rp. 450.000,-
CD Dokumentasi
Rp. 5.000,-
4
buah
Rp. 20.000,-
Baterai
Rp. 15.000,-
8
buah
Rp. 220.000,-
Flashdisk
Rp. 85.000,-
1
buah
Rp. 85.000,-
Kwitansi
Rp. 10.000,-
5
buah
Rp. 50.000,-
Bolpoin
Rp. 13.500,-
1
buah
Rp. 13.500,-
Brosur
Rp. 1.000,-
150
lembar
Rp. 150.000,-
Kertas A4 80 gr
Rp.35.000,-
1
rim
Rp. 35.000,-
Total biaya = Biaya operasional                             : Rp. 845.000 ,-
  Biaya variabel / Produksi 1 bulan     : Rp. 8.703.500,- +    
Rp. 9.548.500,-                                     
                           Rp. 9.600.000,-
Harga Pokok Produksi (HPP)

Biaya tetap = Biaya penyusutan+biaya operasional
                   =  Rp. 24.309,- + Rp. 845.000,-
                   = Rp. 869.309,-





HPP            = Biaya tetap+biaya variabel
                             Jumlah Produksi
                   = 869.309 + 8.703.500
                                900
                   = 10.636

Analisis R/C
Total Biaya Produksi  = Biaya operasional   : Rp. 845.000 ,-
                  Biaya variabel         : Rp. 232.500,- +
   Rp.1.077.500,-
                                   
Total pendapatan        (Rp 2.500 X 900) = Rp 2.250.000,-
Keuntungan                = total pendapatan- total biaya produksi
                                    = Rp.2.250.000 – Rp. 1.077.500
                                    = Rp. 1.075.250

R/C      = Pendapatan(revenue) : total biaya produksi
            =2.250.000 : 1.077.500
            = 2.088

ROI     =             Keuntungan              x100 %
                    Total Biaya Produksi
            = 1.075.250  x 100%
               1.077.500
            = 99.79 %




Jangka Waktu Pengembalian Modal

Jangka waktu pengembalian modal =Total biaya produksi                                                              Keuntungan
                                                      =    8.703.500
                                                            1.077.250                                     
      = 8.079 (8 bulan 7  hari)

K. NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK
1. Biodata Ketua Pelaksana
a.       Nama Lengkap                        : Sofia Latifah
b.      NIM                                        : E1A012094
c.       Tempat, tanggal lahir              : Semarang,  7 Juni 1994
d.      Fakultas/Program Studi          : Hukum /Ilmu Hukum S1
e.       Perguruan Tinggi                     : Universitas Jenderal Soedirman
f.       No. Telp                                  : 085741512563
g.      Email                                       : sofialatifah@gmail.com
h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam / minggu

Ketua Pelaksana,



Sofia Latifah
NIM. E1A012094




2.      Biodata Anggota Pelaksana
a.       Nama Lengkap                        : Hanifah Najmah Taufiq
b.      NIM                                        : E1A012084
c.       Tempat, tanggal lahir              : Banyumas, 30 Maret 1994
d.      Fakultas/Program Studi          : Hukum /Ilmu Hukum
e.       Perguruan Tinggi                     : Universitas Jenderal Soedirman
f.       No. Telp                                  : 083863419669
g.      Email                                       : hanifahnajmah@yahoo.co.id
h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam/minggu
Anggota,


Hanifah Najmah Taufiq
NIM. E1A012084

3.      Biodata Anggota Pelaksana
a.       Nama Lengkap                        : Juniati Wahyu
b.      NIM                                        : E1A013252
c.       Tempat, tanggal lahir              : Banyumas, 01 Juni 1994
d.      Fakultas/Program Studi          : Hukum/ Ilmu Hukum
e.       Perguruan Tinggi                     : Universitas Jenderal Soedirman
f.       No. Telp                                  : 081903317466
g.      Email                                       : juniati.wahy@yahoo.com
h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam/minggu
Anggota,


Juniati Wahyu
NIM. E1A013252



4.      Anggota Pelaksana
a.       Nama Lengkap                      : Utari Dea Siska
b.      NIM                                       : E1A012253
c.       Tempat, tanggal lahir             : Tasikmalaya, 14 September 1994
d.      Fakultas/Program Studi         : Hukum / Ilmu Hukum S1
e.       Perguruan Tinggi                   : Universitas Jenderal Soedirman
f.       No. Telp                                 : 083811481874
g.       Email                                    : utarideasiska@yahoo.co.id
h.      Waktu kegiatan PKM            : 6 jam/minggu
Anggota,


Utari Dea Siska
NIM. E1A013253

L. NAMA DAN BIODATA DOSEN PEMBIMBING
a.        Nama Lengkap                       : Hj.Krisnhoe Kartika W, S.H.,M.Hum.
b.      NIP                                         : 19591031 198703 2 001
c.       No. Telp                                  : 081327016896
d.      Perguruan Tinggi                     : Universitas Jenderal Soedirman
Purwokerto, 6 Mei 2014
      Dosen Pembimbing,


Hj.Krisnhoe Kartika W, S.H.,M.Hum.
NIP. 19591031 198703 2 001



[1] Sumber dari Mahasiswa FMIPA UNSOEDHALAMAN PENGESAHAN
USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1.      Judul Kegiatan                                                : PERMEN JELITA (Permen Jelly isi Coklat Aneka Rasa)
2.      Bidang Kegiatan                                                         :  (  ) PKM-P    (  ) PKM-M     ( ) PKM-KC                                                                              ( ) PKM-K   (  ) PKM-T
3.      Ketua Pelaksana Kegiatan
a.       Nama Lengkap                                       : Sofia Latifah
b.      NIM                                                       : E1A012094
c.       Jurusan                                                   : Ilmu Hukum / 2012
d.      Universitas                                             : Universitas Jenderal Soedirman
e.       Alamat Rumah dan No Telp./HP           : Jalan Pringgodani dalam 1 RT 03 RW 11
No.10 , Kelurahan Krobokan, Semarang Barat/ 085741512563
f.       Alamat email                                          : sofialatifah@gmail.com
g.      Anggota Pelaksana Kegiatan                 : 3 Orang

4.      Dosen Pendamping    
a.        Nama Lengkap                                   : Hj.Krisnhoe Kartika W, S.H.,M.Hum.
b.      NIP                                                     : 19591031 198703 2 001
5.      Biaya Kegiatan Total                                      : Rp. 9.000.000,-
6.      Jangka Waktu Pelaksanaan                             : 8 bulan 

Purwokerto,  6 Mei 2014



Menyetujui;

Dosen Pembimbing,                                                                Ketua Pelaksana,


Hj.Krisnhoe Kartika W, S.H.,M.Hum.                                    Sofia Latifah
NIP. 19591031 198703 2 001                                                  NIM. E1A012094

Pembantu Dekan III


Edi Waluyo, S.H.,M.H.
NIP. 19581222 198810 1 001




A. JUDUL PROGRAM
Permen “JELITA” ( Permen Jelly isi Coklat Aneka Rasa) Trendsetter Anti Galau.

B. LATAR BELAKANG MASALAH
            Semua orang tentunya sekarang tidak lepas dari yang namanya jajanan. Jajanan sudah menjadi makanan ringan sehari-hari dan telah menjadi budaya masyarakat. Jajanan sekarang, kebanyakan masih belum memenuhi kriteria gizi yang baik. Seperti yang telah di lakkukan uji kandungan makanan oleh Fakultas Kimia UNSOED bahwa makanan seperti cilok, cimol dan bakso bakar mengandung zat berbahaya yaitu formalin sebesar 27,3%, rhodamin 10.9% dan boraks sebanyak 51,7%.[1]
Ada macam-macam bahan yang dapat diolah sebagai jajanan, antara lain yang berasal dari hewan dan nabati. Sebagian besar jajanan diolah dari bahan hewani, padahal sebagian bahan dari hewani mengandung kolestrol (cilok dan mendoan), sehingga berpengaruh buruk bagi kesehatan. Pengolahan jajanan sebagian besar menggunakan minyak goreng/digoreng, sehingga menambah resiko kolestrol tinggi.
Tidak demikian dengan bahan nabati, bahan yang berasal dari nabati hampir tidak ada yang mengandung kolestrol sehingga aman dikonsumsi oleh tubuh. Banyak sekali contoh jajanan yang berbahan baku nabati. Jelly isi Coklat juga termasuk dalam jajanan yang berasal dari nabati. Coklat memiliki kandungan gizi yang baik, tapi jika pengolahannya tidak sesuai maka kandungan gizi dalam coklat akan berkurang. Kebanyakan sekarang, pemanfaatan coklat diolah menjadi makanan yang tidak sehat dalam artian adanya penambahan bahan-bahan yang membahayakan,  sehingga kandungan coklat akan berkurang.Padahal coklat merupakan jajanann favorit dikalangan remaja,, tetapi penyajiannya kurang inovatif.
            Masyarakat yang mengonsumsi jajanan dipasaran dapat dikatakan tidak stabil, hal tersebut dikarenakan belum banyaknya inovasi jajanan baru yang sehat, sehingga masyarakat terasa bosan dan beralih ke makanan berat. Hal inilah yang akan membuat peluang pasar jajanan-jajanan sehat yang berinovasi baru terbuka lebar. Salah satu cara yang dapat mengalihkan perhatian masyarakat adalah membuat jajanan yang memiliki kandungan gizi tinggi, tetapi harganya dapat dijangkau masyarakat dengan pengolahan dan pengemasan yang sehat.
            Komposisi jajanan yang akan disajikan adalah jelly yang diisi dengan coklat yang akan dikemas dalam bentuk permen. Cara pengolahan coklat dilelehkan (seperti pembuatan coklat pada umumnya) kemudian coklat cair tersebut akan menjadi isi dari Jelly dan cara pengolahan jelly pada umumnya yaitu jelly yang kenyal (seperti yupi) dan ditambah taburan bubuk gula murni agar cita rasa dan aroma terjaga dan bebas kolestrol dengan kemasan yang ramah lingkungan. Kandungan gizi dan khasiat jelly memiliki kadar protein yang tinggi dengan kandungan serat yang baik untuk pencernaan.
Tabel 1. Kandungan Nutrisi Pada Jelly
Informasi Gizi
per 15g (15 g)
Energi
167 kj
40 kkal
Lemak
1 g
Protein
5 g
Karbohidrat
3 g
Serat
1 g
Gula
1 g



Tabel  2. Kandungan Nutrisi Pada Coklat
Energi
381 Kal
Protein
9 g
Lemak 
35,9 g
Kalsium
200 mg
Fosfor
200 mg
Vit A
30 SI

Berdasarkan fakta tersebut jajanan inovasi “JELITA” diolah menjadi permen yang bebas kolestrol dapat menjadi solusi untuk memenuhi keinginan masyarakat untuk cemilan ringan yang inovatif serta membuka peluang menjadi pendamping favorit bagi masyarakat, karena masih minimnya produk.
C. PERUMUSAN MASALAH
Permasalahan yang menjadi latar belakang proposal ini adalah :
1.      Minimnya inovasi jajanan bagi masyarakat
2.      Coklat yang memiliki kandungan yang baik belum dimanfaatkan secara penuh sebagai jajanan yang inovatif.
3.      Minimnya coklat yang dikreasikan sehingga bentuk jajanan hanya berbentuk seperti yang diketahui masyarakat pada umumnya saja.
4.      Konsep penyajian produk yang kreatif dan ramah lingkungan sehingga meningkatkan selera konsumen.


D. TUJUAN PROGRAM
Program ini bertujuan:
1.         Menumbuhkan jiwa bisnis sehingga memiliki keberanian untuk memulai dan mengembangkan usaha.
2.         Menambah keragaman pangan yang sehat dan inovatif dengan harga terjangkau bagi masyarakat.
3.         Meningkatkan keterampilan (softskill) berwirausaha.
4.         Mengembangkan usaha-usaha kecil yang berpendidikan.

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN      
Produk yang dihasilkan adalah permen jelly isi coklat yang inovatif. Permen Jelly isi coklat ini dapat di sajikan dengan beberapa variasi bentuk, rasa dan isi. Selain itu harga pun terjangkau bagi masyarakat. Permen Jelly isi coklat aneka rasa ini diharapkan nantinya dapat dijalankan oleh mahasiswa dan memiliki keuntungan bisnis yang menjanjikan.

F. MANFAAT
Kegiatan ini memiliki manfaat yang baik diantaranya :
1. Kegiatan ini dapat mengasah keterampilan berwirausaha mahasiswa.
2. Dapat memberikan peluang-peluang kecil bagi masyarakat untuk berwirausaha.
3. Dapat meningkatkan sosialisasi dengan masyarakat luas
4. Dapat meningkatkan uang bagi mahasiswa.
5. Dapat meningkatkan konsumi bagi masyarakat akan jelly coklat aneka rasa.
6. Dapat mengenal sebuah produk jajanan kecil yaitu PERMEN “JELITA” jelly isi coklat aneka rasa.

G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
Rencana usaha ini awalnya memiliki tujuan yang baik untuk masa depan kami. Tujuannya selain ingin mendapat keuntungan dan tambahan uang saku, usaha ini diharapkan dapat meringankan beban orang tua kita sehingga tidak perlu membiayai uang saku, lalu ingin memberikan inovasi untuk jajanan yang lebih inovatif dan tentunya sehat.
1. Product (Produk)
Produk ini merupakan kreativitas dari pengolahan jelly isi coklat yang dikemas dalam bentuk permen . Keunggulan yang dimiliki produk ini adalah memberikan karya inovatif yang kepada masyarakat sebagai cemilan santai untuk sehari-hari serta lebih mudah didapat dan lebih murah. PERMEN “JELITA” memiliki beberapa variasi rasa dan bentuk dalam satu kemasan, yaitu:
a. Permen “JELITA” strawbery cinta
 Jelly isi coklat ini dilapisi dengan rasa strawbery yang berbentuk love.
b. Permen “JELITA” anggur oval
  Jelly isi coklat ini berbentuk oval dengan rasa anggur.
c. Permen “JELITA” apel seafood
  Jelly isi coklat ini berbentuk binatang laut dengan rasa apel.
d. Permen “JELITA”  original satwa
  Jelly isi coklat yang berbentuk binatang yang lucu.
e. Permen “JELITA” lychee kebun
Jelly isi coklat ini berbentuk sayuran dengan rasa lychee.
f. Permen “JELITA” cincau star
Jelly isi coklat ini berbentuk bintang dengan rasa cincau.


2. Price (Harga)
 Jelly coklat ini dijual dengan harga Rp. 2.000/ kemasan . Penentuan harga Rp 2.000 dengan pertimbangan bahwa sasaran utama produk satu jelly adalah mahasiswa dan masyarakat kalangan menengah ke bawah, sehingga harga jual yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar proses penjualan. Harga tersebut juga ditentukan berdasarkan perhitungan dengan biaya produksi  jelly coklat, sehingga telah diperhitungkan besarnya nilai keuntungan yang akan diperoleh.
3. Place (Tempat/Lokasi Produksi)
Tempat produksi jelly coklat ini dapat di perjualkan kantin-kantin, toko-toko kecil atau promosi orang per orangan dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut strategis karena masih dalam tahap Promotion (Promosi).
4.      Distribution (Pemasaran)
 Secara umum, dalam memasarkan produk yang baru, maka sektor promosi merupakan hal yang sangat penting untuk kami perhatikan. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk kami yaitu: 
a. Penyebaran Informasi secara langsung
           Penyebaran informasi secara langsung dilakukan oleh kelompok PKM Permen “JELITA” dengan cara promosi dari mulut ke mulut. Cara promosi ini dikatakan sangat praktis karena dapat disampaikan kepada teman-teman . Dengan begitu, diharapkan dapat memberi kejelasan produk yang lebih efektif dan setelah itu, diharapkan konsumen akan dapat menyebarkan keunggulan produk kami kepada lebih banyak orang.
b. Pemberian Informasi secara tidak langsung           
           Pemberian informasi secara tidak langsung dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan, diantaranya penyebaran brosur dan leaflet, penempelan poster produk Permen “JELITA” akan menggambarkan keunggulan produk kami dalam media promosi tersebut yang secara otomatis juga akan menyertakan nomor telepon untuk memudahkan konsumen yang akan meminta pesanan.
c. Melalui sarana teknologi dan informasi
          Semakin berkembangnya teknologi, fasilitas internet semakin mudah didapatkan.  Jadi sudah hal yang lumrah jika memanfaatkan internet sebagia media promosi. Promosi dapat dilakukan melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Selain itu promosi juga dapat dilakukan melalui blog.
5.      People (Orang)
      Permen  JELITA menggunakan tenaga manusia dan mesin untuk membuat dan memasarkan produknya. Permen JELITA dibuat dan dipasarkan oleh 4  orang yang semuanya merupakan anggota dari pembuatan PKM Kewirausahaan ini. Konsumen sebagai pembeli berinteraksi dengan pembuat dan pemasar  JELITA sehingga menciptakan kondisi jual beli.
6.      Physical Evidence (Bukti Fisik)
        JELITA dalam pemasarannya memiliki beberapa ciri-ciri. Ciri tersebut adalah perbedaan dalam bentuk, rasa dalam satu kemasan  dan sistem pengemasan yang menggunakan bungkus plastik yang sudah didesain dan diikat mika berwarna untuk mempercantik kemasan .Plastik mika dan diberi pita berwarna agar dan menarik konsumen dan mempercantik dari bentuk permen jelly isi coklat aneka rasa ini.
7.      Process (Proses)
Proses pembuatan Permen JELITA dilakukan secara manual dan teknis menggunakan mesin. Penggunaan plastik mika untuk kemasan dipilih karena plastik mika merupakan bahan yang ekonomis dan dapat dikatakan menarik bagi konsumen. Penggunaan plastik mika juga berdasarkan alasan bahwa plastik mika merupakan kemasan ramah lingkungan. Kemudian setelah di bungkus plastik mika yang telah didesain  lalu diikat dengan pita cantik berwarna-warni  sehingga lebih memperindah kemasan.
H. METODE PELAKSANAAN PROGAM        
1. Pra Produksi
a.       Tahap Perencanaan
·         Hal pertama yang dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu survey pasar yang dilakukan sebagai langkah awal dalam memulai sebuah usaha. Tujuan dilakukannya survei  adalah untuk mengetahui kondisi pasar, minat konsumen, dan perencanaan inovasi lebih lanjut.
·         Hal kedua yang perlu dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu melakukan studi kelayakan terhadap usaha yang akan dijalankan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan ini memiliki prospek yang menguntungkan dan memiliki prospek jangka panjang.
b.      Tahap Persiapan
·         Persiapan yang perlu dilakukan adalah meliputi persiapan dalam pemilihan tempat serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses produksi.
c.       Tahap Pengadaan Produk
·         Pembuatan sampel barang diperlukan sebagai langkah awal untuk mengetahui kualitas suatu produk sebelum nantinya dipasarkan dalam jumlah besar. Dalam pembuatan tester, hal yang perlu dilaksanakan untuk mengetahui cita rasa produk, pengemasan produk, takaran produk per sajian serta penampilan produk. Sampel yang telah dibuat kemudian dibuat sebagai acuan untuk mengenali selera masyarakat dan dapat dijadikan sebagai tolok ukur produk yang bagaimana yang sesuai dengan selera masyarakat.
2. Produksi
a.       Tahap pelaksanaan kegiatan
·         Proses produksi merupakan kegiatan inti dari aktivitas wirausaha, kegiatan produksi memiliki beberapa tahapan, tahapan tersebut meliputi persiapan bahan baku, kegiatan pengolahan  dan pembuatan produk, pengemasan, dan juga pemasaran kepada konsumen.
·         Promosi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Hal ini dilakukan dengan membuat broser yang di design  dengan sedemikian rupa dan berisi informasi tentang gambaran produk, penawaran barang dan harga,  cara pemesanan, diskon yang diberikan kepada pelanggan serta mengenai lokasi penjualan produk. Sasaran brosur  ini adalah tempat-tempat umum yang potensial untuk dikunjungi banyak orang, seperti pasar, kampus, sekolah-sekolah, lembaga pendidikan, dan pada tempat-tempat strategis misalnya di daerah perempatan atau pertigaan jalan raya yang sering dilalui oleh banyak orang.

3.      Pasca Produksi         
a.       Tahap pelaporan
·         Tahapan akhir yang dilakukan adalah kegiatan pelaporan yang berada pada tahap pasca produksi. Tahap pelaporan berisikan laporan data kegiatan mulai dari tahap pasca produksi dan tahap produksi dengan durasi waktu tertentu. Tahap pelaporan ditujukan untuk mengetahui rangkaian kegiatan usaha dan keuntungan yang didapat, sehingga diperoleh data yang akurat sebagai bahan evaluasi.

4.      Manajemen Produksi
Penanggung Jawab                             : Sofia Latifah
Bidang Promosi dan Desain               : Hanifah Najmah Taufiq
Bidang Produksi                                 : Juniati Wahyu
Bidang Penjualan                                : Utari Dea Siska

I. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan  PKM ini direncanakan berlangsung 3 bulan. Rencana program ini tertera pada tabel dibawah ini :
Tabel 4. Rencana Jadwal Pelaksanaan Program
No
Kegiatan
Bulan I
Bulan II
Bulan III
Bulan IV

1.
Pembelian alat

















2.
Pembelian bahan

















3.
Riset pasar

















4.
Pembuatan kemasan

















5.
Produksi, pemasaran, evaluasi dan konsultasi

















6.
Promosi
















7.
Pembuatan brosur
















8.
Pembuatan laporan

















9.
Penyerahan laporan


















J. BIAYA
1. Biaya tetap (fix cost)
Alat
Harga
Jumlah
Satuan
Total harga
Pemakaian
Penyusutan
Mesin pembuat Jelly
Rp.400.000,-
1
buah
Rp.400.000,-
35
Rp.11.428,-
Plastik Mika
Rp. 15.000,-
5
lusin
Rp. 75.000,-
30
Rp.2.500,-
Pita kain
Rp. 5.000,-
6
buah
Rp. 30.000,-
30
Rp.1.000,-
Serbet
Rp. 4.000,-
5
buah
Rp. 20.000,-
30
Rp.667,-
Poci
Rp. 50.000,- 
2
buah
Rp.100.000,-
30
Rp.3.333,-
Centong
Rp. 15.000,-
2
buah
Rp. 30.000,-
30
Rp.1.000,-
Toples
Rp. 15.000,-
6
buah
Rp. 30.000,-
45
Rp.666,-
Panci
Rp. 35.000,-
2
buah
Rp. 70.000,-
35
Rp.2.000,-
Piring lonjong
Rp. 20.000,-
3
buah
Rp. 60.000,-
35
Rp.1.714,-

2. Biaya variabel (per bulan)
Alat
Harga
Jumlah
Satuan
Total Harga
Coklat Putih
Rp.40.000,-
60
kg
Rp.2.400.000,-
Coklat
Rp.35.000,-
60
kg
Rp.2.100.000,-
Nutrijell
Rp. 5.000,-
30
buah
Rp. 1.500.000,-
Gula Pasir
Rp.15.000,-
30
kg
Rp. 450.000,-
Bubuk Gula Halus
Rp.5.000,-
15
kg
Rp. 750.000,-
Soda kue
Rp.3.000,-
10
buah
Rp. 30.000,-
Pengenyal Jelly
Rp.5.000,-
10
buah
Rp. 50.000,-
Transportasi(Bensin)
Rp.100.000,-
4
-
Rp. 400.000,-
Sewa kamera
Rp. 15.000,-
30
hari
Rp. 450.000,-
CD Dokumentasi
Rp. 5.000,-
4
buah
Rp. 20.000,-
Baterai
Rp. 15.000,-
8
buah
Rp. 220.000,-
Flashdisk
Rp. 85.000,-
1
buah
Rp. 85.000,-
Kwitansi
Rp. 10.000,-
5
buah
Rp. 50.000,-
Bolpoin
Rp. 13.500,-
1
buah
Rp. 13.500,-
Brosur
Rp. 1.000,-
150
lembar
Rp. 150.000,-
Kertas A4 80 gr
Rp.35.000,-
1
rim
Rp. 35.000,-
Total biaya = Biaya operasional                             : Rp. 845.000 ,-
  Biaya variabel / Produksi 1 bulan     : Rp. 8.703.500,- +    
Rp. 9.548.500,-                                     
                           Rp. 9.600.000,-
Harga Pokok Produksi (HPP)

Biaya tetap = Biaya penyusutan+biaya operasional
                   =  Rp. 24.309,- + Rp. 845.000,-
                   = Rp. 869.309,-





HPP            = Biaya tetap+biaya variabel
                             Jumlah Produksi
                   = 869.309 + 8.703.500
                                900
                   = 10.636

Analisis R/C
Total Biaya Produksi  = Biaya operasional   : Rp. 845.000 ,-
                  Biaya variabel         : Rp. 232.500,- +
   Rp.1.077.500,-
                                   
Total pendapatan        (Rp 2.500 X 900) = Rp 2.250.000,-
Keuntungan                = total pendapatan- total biaya produksi
                                    = Rp.2.250.000 – Rp. 1.077.500
                                    = Rp. 1.075.250

R/C      = Pendapatan(revenue) : total biaya produksi
            =2.250.000 : 1.077.500
            = 2.088

ROI     =             Keuntungan              x100 %
                    Total Biaya Produksi
            = 1.075.250  x 100%
               1.077.500
            = 99.79 %



Jangka Waktu Pengembalian Modal

Jangka waktu pengembalian modal =Total biaya produksi                                                              Keuntungan
                                                      =    8.703.500
                                                            1.077.250                                     
      = 8.079 (8 bulan 7  hari)

K. NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK
1. Biodata Ketua Pelaksana
a.       Nama Lengkap                        : Sofia Latifah
b.      NIM                                        : E1A012094
c.       Tempat, tanggal lahir              : Semarang,  7 Juni 1994
d.      Fakultas/Program Studi          : Hukum /Ilmu Hukum S1
e.       Perguruan Tinggi                     : Universitas Jenderal Soedirman
f.       No. Telp                                  : 085741512563
g.      Email                                       : sofialatifah@gmail.com
h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam / minggu

Ketua Pelaksana,



Sofia Latifah
NIM. E1A012094



2.      Biodata Anggota Pelaksana
a.       Nama Lengkap                        : Hanifah Najmah Taufiq
b.      NIM                                        : E1A012084
c.       Tempat, tanggal lahir              : Banyumas, 30 Maret 1994
d.      Fakultas/Program Studi          : Hukum /Ilmu Hukum
e.       Perguruan Tinggi                     : Universitas Jenderal Soedirman
f.       No. Telp                                  : 083863419669
g.      Email                                       : hanifahnajmah@yahoo.co.id
h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam/minggu
Anggota,


Hanifah Najmah Taufiq
NIM. E1A012084

3.      Biodata Anggota Pelaksana
a.       Nama Lengkap                        : Juniati Wahyu
b.      NIM                                        : E1A013252
c.       Tempat, tanggal lahir              : Banyumas, 01 Juni 1994
d.      Fakultas/Program Studi          : Hukum/ Ilmu Hukum
e.       Perguruan Tinggi                     : Universitas Jenderal Soedirman
f.       No. Telp                                  : 081903317466
g.      Email                                       : juniati.wahy@yahoo.com
h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam/minggu
Anggota,


Juniati Wahyu
NIM. E1A013252


4.      Anggota Pelaksana
a.       Nama Lengkap                      : Utari Dea Siska
b.      NIM                                       : E1A012253
c.       Tempat, tanggal lahir             : Tasikmalaya, 14 September 1994
d.      Fakultas/Program Studi         : Hukum / Ilmu Hukum S1
e.       Perguruan Tinggi                   : Universitas Jenderal Soedirman
f.       No. Telp                                 : 083811481874
g.       Email                                    : utarideasiska@yahoo.co.id
h.      Waktu kegiatan PKM            : 6 jam/minggu
Anggota,


Utari Dea Siska
NIM. E1A013253

L. NAMA DAN BIODATA DOSEN PEMBIMBING
a.        Nama Lengkap                       : Hj.Krisnhoe Kartika W, S.H.,M.Hum.
b.      NIP                                         : 19591031 198703 2 001
c.       No. Telp                                  : 081327016896
d.      Perguruan Tinggi                     : Universitas Jenderal Soedirman
Purwokerto, 6 Mei 2014
      Dosen Pembimbing,


Hj.Krisnhoe Kartika W, S.H.,M.Hum.
NIP. 19591031 198703 2 001


[1] Sumber dari Mahasiswa FMIPA UNSOED

No comments:

Post a Comment